Cara Gampang Menyenangkan Hati Pelanggan

Cara Gampang Menyenangkan Hati Pelanggan

Suatu pagi saya bersama istri dan anak saya yang waktu itu baru berusia 1,5 tahun menikmati jalan-jalan menikmati udara bersih pagi itu. Jalan-jalan kami terhenti ketika melihat gerobak bubur yang sangat ramai dikelilingi orang-orang yang membeli. Seperti layaknya pencinta kuliner, saya berfikir kalau ada dagangan makanan yang banyak pembelinya, pasti makanannya enak. Lantas saya mengajak isteri untuk mampir ke tukang bubur tersebut. Saking ramainya si tukang bubur dibantu oleh seorang asisten. Saya pun ikut antri dengan sabar untuk dilayani. Ada yang beda dari cara si tukang bubur melayani saya. Dia tahu bahwa saya membawa anak 1,5 tahun, tanpa ditanya si tukang bubur langsung memberikan saya sendok teh sambil berucap…”ini pak sendok untuk dedek nya, barang kali mau suapin bubur buat si dedek juga”. Dan tidak hanya itu, beliau juga memberikan tissue untuk melapisi mangkuk yang panas. Terkesan sepele ya…tapi buat saya ini yang membedakan beliau dengan tukang bubur yang lain. Beliau sangat sensitif memperhatikan kebutuhan pelanggannya. Dan yang lebih takjub lagi, beliau hanya seorang tukang bubur.
Dalam proses layanan di perusahaan anda, adakah anda sensitif memperhatikan hal-hal seperti itu ? Jangan penah anggap sepele hal-hal demikian. Bisa jadi hal seperti ini menjadi hot button yang akan membuat pelanggan anda tergila-gila dengan produk atau jasa layanan perusahaan anda. Dan hal yang demikian kadang datang dari hal yang paling sepele, hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda. Satu pengalaman lain yang membuat saya takjub akan pelayanannya, yaitu saat saya naik salah satu Ojek Online. Ketika mau naik, si tukang Ojek memberikan saya permen…iya permen.. Buat saya si tukang Ojek ini pintar menyenangkan pelanggan. Seolah beliau tahu bahwa saya kalau diboncengin motor suka mengantuk…makanya dikasih pemen … hahahaha.

Nah begitulah cara gampang menyenangkan pelanggan. Gak perlu yang ribet apalagi yang mahal. Berikut tips bagaimana cara menyenangkan pelanggan dengan cara yang mudah namun powerful membuat pelanggan senang dengan produk atau jasa anda… Ujung-ujungnya produk atau jasa anda jadi “ngangenin” buat pelanggan :

  1. Kuasai detail PRODUK dan JASA Anda. Contoh : Di sebuah foodcourt, rata-rata penjual makanan di sana menggunakan piring dan sendok plastik saat menyajikan makanan ke pelanggan. Hal ini dilakukan mungkin supaya penjual tidak perlu repot mencuci piring dan sendok yang telah dipakai pelanggan. Tapi untuk produk pempek hal ini tidak berlaku, karena mengkonsumsi pempek menggunakan sendok plastik akan membuat pelanggan tidak nyaman.
  2. Perhatikan perilaku pelanggan Anda saat memakai atau mengkonsumsi produk Anda. Anda tahu D’Cost ? Kalau anda pernah makan di sana anda bisa minum es teh manis sepuasnya tanpa harus bayar. Ini membuat pelanggan happykarena setelah makan orang pasti perlu minum dan bila disediakan minuman enak dan gratis tentunya akan membuat pelanggan senang.
  3. Perhatikan proses servicedari industri lain. Misalnya industri anda adalah telekomunikasi maka cobalah belajar dari industri lain misalnya otomotif atau perbankan. Beda industri bisa jadi memberikan ide segar yang bisa diterapkan di industri anda.

Demikianlah tips yang bisa saya share untuk kali ini, semoga menginspirasi dan bisa diterapkan.

Sumber : Erwin Yahya|@erwinsnada –Senior Trainer 

Copyright © 2015 168Solution

Admincci
contactcenterindonesia

Tinggalkan Balasan

Back To Top