Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju tetapi juga di Indonesia. Karena kecapatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini di karenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun tanpa biaya besar tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas bisa mengedit menambahkan memodifikasi baik tulisan gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya.

 

Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu:

  1. Social Network, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi (facebook, myspace, hi5, linkedin, bebo, dll)
  2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo!M, skype, phorum, dll)
  3. Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
  4. Publish (wordpress, wikipedia, blog, wikia, digg, dll)
  5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
  6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
  7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
  8. Livecast (y!Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
  9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
  10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)

 

Sosial Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang.
  2. Memperluas pergaulan dan membuat Anda bisa memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas.
  3. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah.
  4. Lebih mudah dalam mengekspresikan diri.

 

Selain manfaat, ternaya sosial media juga memiliki beberapa dampak nagative, berikut adalah dampak negative yang di timbulkan dari sosial media:

  1. Menjauhkan orang-orang yang sudah dekat.
  2. Rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.
  3. Masalah privasi.

Kesimpulannya, pertama Anda harus bisa menyeimbangkan antara hubungan di dunia nyata dengan hubungan di media sosial. Anda harus bisa menjadikan media sosial sebagai suatu tambahan berharga bagi pergaulan di dunia nyata bukan malah menggantikannya. Kedua, Anda harus memahami mana yang boleh di ungkapkan di media sosial dan mana yang tidak. Ingat, media sosial akan sangat merugikan, apabila Anda tidak bisa melindungi privasi Anda sendiri.

Jangan lupa pantau terus web 168Solution untuk melihat informasi menarik serta tips-tips berguna lainnya. Untuk kamu yang ingin sukses bekerja di contact center, tingkatkan customer service skill Kamu dengan mengikuti training dari 168Solution. Kamu dapat cek jadwal training untuk tahu training publik apa saja yang akan jalan bulan ini atau hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut.

Admincci
contactcenterindonesia

Tinggalkan Balasan

Back To Top