Sosial Media Sebagai Alat Komunikasi

Sosial Media Sebagai Alat Komunikasi

Di era teknologi internet yang terus meningkat akhir-akhir ini membuat banyak pengguna telah memanfaatkan beberapa fitur dan salah satunya adalah media sosial. Tidak sedikit yang melakukan komunikasi tentang hal-hal atau isu yang sedang berkembang diantara sesama anggota dengan menggunakan media yang satu ini. Bahkan, tanpa disadari mereka akan digiring untuk menggunakan secara kreatif saat menceritakan berbagai pengalaman atas satu produk atau jasa yang digunakan. Sungguh, satu target pasar yang sangat potensial.

Sebagai bagian dari kampanye digital marketing, sosial media bagi pebisnis, tentu diharapkan memberikan hasil yang maksimal dari segala metode yang dilakukan. Salah satu caranya adalah haruslah memiliki rancangan atau rencana yang cukup jelas. Seperti mempertimbangkan apa yang menjadi tujuan bisnis sehingga saat melakukan kampanye pemasaran dengan menggunakan media ini tidak berubah dari jalur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mengajukan pertanyaan apa yang diharapkan dari audiens dengan promosi melalui media sosial.

Atau, siapa target audiens yang akan dituju atau bisa juga dengan mengetahui kecenderungan pengguna dalam memanfaatkan media sosial. Nah, dengan berlandaskan atas beberapa pertanyaan diatas, akan didapat satu kesimpulan tentang teknik yang akan diterapkan nantinya. Sehingga komunikasi yang diharapkan terjadi dapat berlangsung dan memberikan hasil.

Salah satu teknik komunikasi yang biasa digunakan adalah menggunakan logo yang sangat jelas pada situs yang dimiliki. Berbagai data tambahan seperti nomor telepon, alamat operasional hingga staf marketing juga merupakan kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen sehingga mereka dengan mudah memanfaatkan layanan yang ada.

Ketahui Platform Dari Sosial Media Sebagai Alat Komunikasi

Dengan banyaknya pilihan akan jenis media sosial, diharapkan pelaku bisnis tidak mati gaya dalam mempromosikan produk atau jasa. Semakin memahami bentuk atau platform yang akan digunakan, maka aktifitas promosi akan memberikan hasil. Hanya saja, itu semua akan menjadi sia-sia saat pemilik usaha tersebut cenderung asal-asalan alias tidak memahami secara pasti kecenderungan dari platform yang ada.

Nah, di dalam artikel ini akan dibahas salah satu media sosial yang kerap dijadikan sebagai alat komunikasi yaitu facebook. Fitur yang disediakan seperti Fan Page misalnya, mampu membantu pelaku usaha untuk langsung berinteraksi dengan para anggota yang sesuai dengan target market. Bahkan, mereka bisa menjadi seorang penggemar, kemudian memberikan penilaian di wall hingga mengupload foto dan pastinya mengundang suasana untuk berdiskusi.

Agar Fan Page tersebut memiliki “nyawa”, maka perlu melakukan up date secara teratur dengan memberikan informasi penting. Pastikan, setiap postingan yang ada lebih bervariasi seperti menambahkan konten multimedia atau video menarik. Intinya adalah mengundang orang untuk berinteraksi secara langsung dan siap merespon segalanya dalam waktu singkat. Satu komunikasi yang tidak terbatas bukan?

Sumber: http://latiefpakpahan.com/sosial-media-alat-komunikasi/

Tinggalkan Balasan